Jumat, 04 November 2016

Penyebab Telinga Berdengung dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami telinga berdengung disebelah kiri dan ini akan mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang beraktifitas. Umumnya suara dengungan akan lebih terdengar jelas saat keadaan sekitar Anda sepi atau hening. Suara dengingan yang berasal dari tubuh Anda sendiri itu akan berlangsung dalam beberapa waktu dan biasanya tidak terlalu sering, jadi apabila Anda merasa dengungan dalam jangka waktu yang lama serta berulang - ulang alangkah baiknya secara diobati. Biasanya dokter akan memberikan resep untuk obat telinga berdengung

Meskipun kelihatannya masalah telinga berdengung ini tidak cukup serius, tapi Anda tidak boleh sampai lengah karena telinga berdengung meiliki efek yang kurang baik bagi pasien penderitanya seperti mengakibatkan sulit tidur, memicu adanya depresi serta mengganggu konsentrasi. 

Telinga berdenging atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan Tinnitus merupakan suatu kondisi dimana adanya suara atau bunyi yang timbul dari telinga seperti dengungan atau siulan atau bising mesin.

Penyebab Telinga Berdengung



Di beberapa tempat atau daerah mungkin masih banyak orang yang percaya bahwa ketika seseorang mengalami telinga berdengung maka akan terjadi suatu pertanda atau firasat tertentu dimana mitos tentunya merupakan hal yang tidak bisa diuji kebenarannya dan tidak bisa dipikir panjang oleh logika. Tapi dalam dunia medis telinga berdengung sebelah kiri tentu bukan semata - mata berdenging dan penyebab bisa disebabkan beberapa faktor di bawah ini :

Mendengar suara yang sangat keras

Telinga berdenging sebelah kiri, bisa diakibatkan seseorang yang mendengar suara cukup keras seperti berada di dekat mesin atau pabrik yang sedang beroperasi, mendengar suara yang sangat bising serta mendengar suara yang keras seperti mesin pesawat dari jarak dekat dan konser musik.

Kotoran di Telinga

Penyebab telinga berdengung lainnya juga bisa disebabkan akibat kurang menjaga kebersihkan telinga dan menyebabkan kotoran telinga menumpuk. Anda harus membersihkan telinga 3 kali sehari terlebih bagi Anda yang sering menggunakan headset, earphone dan orang yang bekerja dengan menggunakan stetoskop.

Posisi Tubuh yang Salah

Telinga Berdenging di sebelah kiri bisa disebabkan karena posisi tubuh yang salah seperti ketika tidrududuk atau melakukan gerakan yang terlalu berlebihan. Posisi tubuh yang kurang benar bisa menberikab tekanan pada saraf penedngaran sehingga menyebabkan telinga Anda berdenging.

Faktor Usia

Faktor penyebab lainnya adalah karena fungsi organ pendengaran yang semakin menurun sehingga menyebabkan tergangguanya fungsi pendengaran, telinga dan menyebabkan telinga berdenging.

Obat - Obatan Tertentu

Efek samping dari mengkonsumsi obat - obatan juga bisa diakibatkan karena mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia dalam jangka waktu lama. Taukah Anda, mengkonsumsi obat kimia dalam jangka waktu yang panjang cepat atau lambat juga bisa merusak kesehatan ginjal.

Cedera 

Pernah mengalami cedera juga bisa menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri dan biasanya disebabkan akibat terjadinya benturan di kepala yang berhubungan dnegan saluran telinga dan saraf pendengaran.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Bagi Anda yang mengalami masalah ini tentunya ingin secara keluhan in segera berhenti dan telinga kembali normal seperti semula, ini bukan menjadi masalah yang cukup sulit untuk menyembuhkan telinga berdengung. Maka dari itu kami merekomendasikan obat herbal yang bisa Anda konsumsi secara aman dan tentunya memberikan efek yang baik untuk mengurangi resiko telinga berdengung.

Cara Mengobati telinga berdengung di samping dengan mengkonsumsi obat, Anda juga harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu meningkatkan kualitas pendengaran Anda agar lebih baik dan tentunya lebih tajam.

Artikel Terkait

Penyebab Telinga Berdengung dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email